Ngatinah Berikan Persembahan Lagu 'Bung Karno Putro Fajar' kepada Gus Ipul

Ngatinah Berikan Persembahan Lagu 'Bung Karno Putro Fajar' kepada Gus Ipul

Nur AK
14 Maret 2018
Dibaca : 318x
Wanita yang sehari-harinya berprofesi sebagai penyanyi ludruk ini mempersembahkan lagu "Bung Karno Putro Fajar" khusus untuk Gus Ipul.

Perempuan paruh baya yang masih nampak sehat dan segar kembali mengingatkan kita kepada sosok Bung Karno. Ngatinah, 62 tahun, memiliki cara sendiri yang berbeda dari yang lain untuk menyambut dan mendukung cagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Wanita yang sehari-harinya berprofesi sebagai penyanyi ludruk ini mempersembahkan lagu "Bung Karno Putro Fajar" khusus untuk Gus Ipul.

Saat itu adalah suatu momen di mana Gus Ipul bertemu dengan masyarakat Surabaya yang tergabung dalam Keluarga Besar Bendera Arek-Arek Suroboyo (PBAS). Pertemuan yang berlatar di sekretariatnya di Pulo Wonokromo, Surabaya membahas beberapa aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat yang datang dengan berdialog secara langsung, pada Selasa (13/3).

Namun, Ngatinah yang memiliki nama panggung 'Tinah Marlenah' ini justru mengingatkan Gus Ipul untuk meniru mendiang Bapak Presiden RI Soekarno (Bung Karno) saat memimpin bangsa Indonesia.

Menurut pemain ludruk yang tergabung di Komunitas Krisno Budoyo THR Surabaya itu Bung Karno merupakan landasan sebagai presiden pertama bangsa ini. Beliau tidak mendahulukan kepentingannya sendiri, melainkan kepentingan rakyatnya.

Dibalik itu, ia mengaku bahwa sosok Gus Ipul bukan hanya figur agamis, namun juga nasionalis. Hal itu terbukti pada kecintaan dan kefokusan Gus Ipul dalam perihal kesenian dan kebudayaan, dan menghargai perbedaan baik etnis, suku dan agama di kalangan masyarakat.

Sebagai persembahannya, Tinah menyanyikan tembang lawas berjudul "Bung Karno Putro Fajar" ciptaan Anang Cunkrink khusus untuk Calon Gubernur Gus Ipul dengan penuh semangat dan suara yang merdu, dengan lirik sebagai berikut:

 

Bung Karno putro fajar

Cahyane amadhangi pertiwi

Loro lopo mbelo bongso

Ameh merdiko lilo belo pati

 

Bung Karno bapak bongso

Satuhu ngayomi pro kawulo

Kang andudak pancasila

Dasar negoro filsafate bongso

 

Bung Karno kembang jagad

Anggodo arum ngebaki pertiwi

Sesorahe kebak doyo

Nggugah semangat kawulo sak negeri

 

Bung Karno ploklamator

Tonggake sejarah kamardikan

Penyambung lidah rakyat

Trah presiden kang sepisan

 

Pencalonan Gus Ipul-Puti sebagai calon pemimpin Jatim itu memang kental dengan sosok Presiden pertama Indonesia. Pasalnya, Puti yang merupakan cucu dari Bung Karno selalu menyelipkan nama kakeknya saat ia berorasi di depan arek-arek Jatim.

Masyarakat Jatim meyakini, jika Biutipul terpilih nanti dalam Pilkada Jatim 2018, Gus Ipul-Puti mampu memimpin Jawa Timur lebih makmur, seperti yang telah dicontohkan oleh Bung Karno memimpin negara Indonesia.

 

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Copyright © 2019 LampuHijau.com - All rights reserved
Copyright © 2019 LampuHijau.com
All rights reserved