Pilpres 2019 : Kalangan Muda Punya Peluang Jadi Presiden

Pilpres 2019 : Kalangan Muda Punya Peluang Jadi Presiden

Admin
30 Okt 2017
Dibaca : 640x
elektabilitas dan popularitas dari kalangan muda politik lumayan baik

LampuHijau, JAKARTA –Beberapa negara di Eropa kini telah dipimpin oleh presiden dari kalangan anak muda. Seperti Emmanuel Macron, sebagai Presiden Perancis dan Sebastian Kurz yang terpilih sebagai Kanselir Austria. Fenomena ini bisa saja akan menular ke Indonesia. Sebab, pada 2020 mendatang jumlah kaum anak muda di Indonesia diperkirakan mencapai 70 persen.

Nah, melihat potensi demikian tidak menuntup kemungkinan bangsa ini bakal dipimpini orang-orang muda. Apalagi belakang ini sudah muncul sejumlah nama-nama politisi yang memiliki tingkat popularitas tinggi.

Peneliti politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Lili Romli menyebut, ada sejumlah anak muda yang berada di pentas politik Indonesia. Sebut saja, Agus Harimurty Yudhoyono (AHY), Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Romahurmuzy (Romy), Yusril Ihza Mahendra, Muhammad Zainul Majdi (TGB), dan beberapa anak muda yang saat ini menjadi kepala daerah.

Anak muda itu juga memiliki peran strategis dan kans besar di lingkungan partai politik (parpol). ”Jika melihat kekuatan partai politik, maka Ketua Umum Partai seperti Cak Imin (PKB), Romy (PPP), AHY (Demokrat) dan Yusril (PBB) patut diperhitungkan,” kata Lily kepada wartawan di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih jauh dikatakannya, berdasar survei terakhir dari PolMark Indonesia elektabilitas PKB cukup tinggi dibanding Demokrat dan PPP serta PBB. Artinya, Cak Imin mempunyai daya saing yang cukup tinggi. ”Jika dilihat dari sisi basis massa Islam, maka nama Cak Imin, Romy, dan TGB sangat pantas diperhitungkan,” tutur dia.

Modal lain yang dimiliki Ketua Umum PKB itu, karena dia santri, tokoh yang lekat dengan Nahdlatul Ulama (NU). Dari sisi karir politik, Cak Imin dianggap cukup berpengalaman karena pernah manjadi Wakil Ketua DPR pada usia 33 tahun dan menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. ”Begitu juga dengan Yusril dan TGB, keduanya mempunyai pengalaman,” tandasnya. 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Copyright © 2020 LampuHijau.com - All rights reserved
Copyright © 2020 LampuHijau.com
All rights reserved